Header Ads

Link Banner

City Branding untuk Membentuk Identitas Kabupaten Pati


Pati- kabarpati.com Kita tentu sudah banyak mendengar istilah Jogja, "Never Ending Asia" atau Bandung, "Paris Van Java" serta sebutan-sebutan lain dari kota-kota yang ada di Indonesia. Sebutan kota tersebut merupakan cikal bakal sebuah citra (branding) dari City Branding yaitu positioning jati diri kota tersebut.
City Branding (citra kota) adalah upaya strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. Dengan adanya city branding kita dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan produk-produk daerah, saran serta budaya lokal yang ada di kota tersebut. City branding juga berkaitan dengan tata rencana kota yang dapat dijadikan sebuah strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di dalam target pemasaran, seperti halnya positioning sebuah produk atau jasa.



Melalui Bolo Pragolo Community yang di ketuai oleh Acep Iqbal Syamsul Bilad dan pengurusnya Mohammad Ainurrofiqin ketika paparan di pendopo Kabupaten Pati Kamis (14/07/2016) menyampaikan, kami melakukan presentasi di depan SKPD Pemerintahan Kabupaten Pati beserta dinas-dinas terkait untuk menjelaskan secara rinci bagaimana City Branding yang kami bangun. Presentasi ini kami sampaikan dalam agenda rapat koordinasi pelaksanaan peringatan HUT ke-693 Kabupaten Pati serta HUT ke-71 RI. Alhasil tiga item yang kami tawarkan untuk City Branding Kab.Pati nantinya mendapatkan respon dari Pemerintah Kabupaten Pati.  Tiga item tersebut diantaranya Logo Kab Pati, Logo Hari jadi Kab.Pati yang Ke.693,  serta Sibendy (Maskot Ikan Bandeng), kenapa kami ambil Ikan Bandeng sebagai maskot, karena tanpa kita sadari ikan Bandeng juwana Kab.Pati telah banyak di kenal luas oleh masyarakat di luar Kabupaten Pati.

Harapan dari komunitas yang Kami bentuk dan terdiri atas para pakar, praktisi, profesional, aktivis, mahasiswa serta akademisi dari disiplin ilmu berbeda supaya bisa bersinergi bersama untuk membangun Kabupaten Pati melalui City Branding. Kedepan, kami berharap City Branding ini dapat segera direalisasikan dan dilaunching nanti pada puncak peringatan HUT ke-693 Kabupaten Pati pada 7 Agustus 2016. Semoga iktikad baik ini berjalan sesuai rencana dan diberi kelancaran serta kemudahan menuju kesuksesan. terangnya.
Diberdayakan oleh Blogger.