Header Ads

Link Banner

Jala Sutra Tetap Menggoda

Ahmad Gegiyanto memamerkan koleksi batu jala sutranya
Ahmad Gegiyanto memamerkan koleksi batu jala sutranya
(KP,Pati Kota,08/10/2015)

Akik lokal boleh pudar, tapi akik asal Pati, Jala Sutra tetap menggoda untuk dikoleksi. Itu yang dikatakan salah satu kolektor akik Ahmad Legiyanto asal Pati.

“Meski saat ini banyak batu lokal akik sedang lesu, namun batu akik asli Pati, Jala Sutra tetap menggoda untuk dikoleksi.” Ungkap Ahmad Legiyanto saat ditemui di pendopo Kabupaten Pati yang sedang memperkenalkan batu Jala Sutra pada rombongan dari Pemda Sukamara Propinsi Kalimantan Tengah yang sedang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Pati.

Ahmad Legiyanto, yang juga sebagai salah satu staf bagian pembangunan Setda Pati mengungkapkan bahwa Jala Sutra adalah batu yang unik karena setiap batunya memiliki motif yang berbeda.

“Tidak seperti batu-batu lain yang cenderung memiliki motif sama, Jala Sutra lebih unik karena setiap batunya memiliki motif seperti jarring yang berbeda. Jelas Ahmad Legiyanto yang akrab di sapa Yanto ini. “Selain itu, Jala Sutra berserat logam yang dapat dipadukan dengan crom goldplat sehingga motif batu yang berbentuk seperti jaring ini akan tampak lebih menonjol dengan motif serat seperti emas dan hanya batu Jala Sutra yang bisa di goldplat.” Imbuhnya.

Untuk lebih memperkenalkan batu Jala Sutra di dunia gemstone, Yanto bersama dengan komunitas pecinta Jala Sutra pun sering ikut pameran gemston yang digelar diberbagai daerah dan juga memperkenalkan Jala Sutra pada saat ada kunjungan kerja dari Kabupaten lain di Pati.

“Soal harga, saat ini dipasaran relative stabil. Saya bersama komunitas Jala Sutra mematok harga yang masih terjangkau. Untuk batu yang sudah di crom goldplat dan siap naik ring perbijinya kita patok mulai harga 150 sampai dengan jutaan tergantung dengan kuwalitas batu. Saya sendiri punya batu Jala Sutra berbentuk liontin dengan motif Semar yang saat ini saya tawarkan seharga 1 juta.” Ungkap Yanto.

“Jala Sutra saat ini telah masuk sebagai salah satu prodak unggulan daerah Kabupaten Pati. Untuk memperkenalkan Jala Sutra di Indonesia kami ikut dalam berbagai event gemston diberbagai tempat. Selain itu ya seperti ini dengan memperkenalkan pada tamu dari luar daerah yang sedang berkunjung di Kabupaten Pati. Dengan cara ini kami harapkan batu Jala Sutra dapat lebih berkembang lagi.” Harapnya.
Diberdayakan oleh Blogger.