Header Ads

Link Banner

Sedekah Laut Sebagai Bentuk Syukur Nelayan Juwana Pada Penciptanya



Pati, kabarpati.com - Seperti pada tahun-tahun sebelumnya setelah lebaran Idul Fitri, masyarakat nelayan Juwana setiap tahunya memperingati pesta sedekah laut sebagai wujud syukur atas rejeki yang di limpahkan oleh Yang Maha Pencipta melalui kekayaan laut dan keaelamatan yang didapatkan nelayan Juwana. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB pagi hari ini minggu (2/07/2017) dihadiri ribuan masyarakat dan di buka langsung oleh Bupati Pati H.Haryanto,SH.MM.MSi.

Kirab prosesi larung sesaji sedekah Laut TPI Bajomulyo Juwana, di awali dengan kirab dari balai desa Bajomulyo juwana menuju TPI Juwana dengan berjalan sambil mengarak Jolen (Sesaji) menuju Tambatan TPI. desa Bajomulyo untuk selanjutnya Jolen dibawa menggunakan Perahu untuk kemudian di Larung ke Laut sebagai ucapan syukur atas berkah yang telah di berikan Yang Maha Pencipta.

Camat Juwana Teguh Widiatmiko, menyampaikan, "upacara larung sesaji diadakan di 5 desa setiap tahun di laut pantai TPI Ds.Bajomulyo Kecamatan Juwana", Upacara Larung Sesaji di lakukan sevagai bentuk ucapan  rasa syukur dan do’a kepada Allah SWT yang telah memberikan hasil laut dan keselamatan kepada para nelayan". Upacara larung sesaji ini diikuti oleh hampir seluruh penduduk disekitar pantai, Mereka membawa sesaji berupa Tumpeng, 2 ekor kepala kambing untuk kemudian di hanyutkan di laut selatan", ujarnya.

Bupati Pati Haryanto, ini merupakan tradisi yang di selenggarakan oleh warga masyarakat di daerah nelayan Kecamatan Juwana yang meliputi Ds.jepuro, Ds.kedung Pancing, Ds.Bajomulyo, Ds.Trimulyo, Ds Bumirejo dan Ds.Bendar untuk mengadakan larung sesaji yang selalu di laksanakan dari tahun ketahun, dengan harapan agar penghasilan nelayan dari tahun ke tahun selalu bertambah, dan selalu di berikan keselamatan maka di lakukan Larung Sesaji atau Sedekah Laut, dan di laksanakan setelah Hari Raya Idul Fitri, Jelasnya.

Hingga sekarang tradisi Kirab Larung Sesaji atau Sedekah Laut tetap eksis di tengah maraknya budaya modern yang semakin menghimpit, terbukti dengan hadirnya ribuan masyarakat yang datang untuk menyaksikan langsung gelaran Kirab Larung Sesaji dipusatkan di TPI Juwana Pati.
Diberdayakan oleh Blogger.